MaPPI FHUI ialah lembaga kajian FHUI yang fokus bekerja pada isu reformasi peradilan dan anti korupsi. Dalam bekerja, MaPPI FHUI melakukan analisa kebijakan (policy research), pemantauan publik (public monitoring), pendidikan publik (public education) dan pemberdayaan masyarakat (civic engagement). Buletin yang anda baca ini merupakan bagian dari pendidikan dan pemberdaan masyakat yang MaPPI lakukan.

Buletin merupakan salah satu media publikasi MaPPI FHUI yang sederhana, menarik, dan mudah dimengerti. Buletin juga digunakan untuk merekam kerja-kerja MaPPI sehingga dapat dimanfaatkan oleh siapa pun, baik oleh masyarakat maupun oleh MaPPI FHUI. Melalui buletin, MaPPI FHUI berbagi kisah, pengalaman, dan pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat.

Selama beberapa bulan terakhir, MaPPI melakukan beberapa keg-iatan untuk mendorong peradilan yang lebih baik. Beberapa kegiatan itu diantaranya, call for paper Buku Bunga Rampai Kejaksaan bekerja sama dengan Biro Hukum Kejaksaan Agung RI, asesmen konsisten putusan kasus kekerasan terhadap perempuan dan difabel bekerja sama dengan LBH Apik, penyelesaian Jurnal Teropong, kegiatan pengembangan mediasi di Mahkamah Agung bekerja sama dengan Pokja Mediasi Mahkamah Agung, kegiatan peningkatan kapasitas dari pelayanan publik berbasis pengajaran secara online (E-learning), mengawal proses seleksi calon komisioner Komisi Yudisial Rl, serta beberapa kegiatan lainnya yang selengkapnya dapat dibaca di rubrik “What MaPPI Has Done, Doing Now, and Will Do”.

Sejak awal tahun 2015, MaPPI juga dipercaya untuk membuka salah satu kelas klinik hukum di FHUI, yaitu kelas klinik anti korupsi.

MaPPI FHUI yang beranggotakan peneliti muda, enerjik, dan kreatif selalu berusaha untuk menghasilkan suatu hal yang baru dan bermanfaat. Salah satu inovasi dan kreasi yang dilakukan adalah dengan mendesain ulang buletin ini. Buletin edisi kali ini memiliki beberapa rubrik baru. Rubrik baru tersebut diantaranya rubrik sosok para pegiat reformasi peradilan dan rubrik teka-teki silang yang diharapkan dapat membantu para pembaca agar lebih mudah memahami ilmu hukum.

MaPPI FHUI meyakini dengan berbagi kisah, pengalaman, dan pengetahuan maka dapat membentuk masyarakat yang lebih madani dan berdaya. Di edisi selanjutnya, kami membuka lebar kesempatan untuk pembaca berbagi kepada pembaca terkait kerja-kerjanya untuk mem-buat peradilan adil dan bersih. Hal ini karena pengetahuan bertambah karena dibagikan.

Silahkan unduh buletin selengkapnya dibawah ini:

Download (PDF, 4.07MB)