Mengingat terdapat 44.273 perkara yang menggantung pada tahap penyidikan, dan banyaknya laporan masyarakat kepada ombudsman terkait buruknya kinerja penega k hukum di tahap penyidikan, maka MaPPI FHUI bekerjasama dengan Yayasan Tifa menginisiasi suatu Kuliah Umum (International lecture) dengan tema The Ideal Concept of Investigation in Criminal Justice System” yang telah membahas secara mendalam perihal konsep proses investigasi yang ideal, sekaligus melakukan perbandingan antara hubungan polisi dengan kejaksaan, serta proses investigasi penanganan suatu perkara pidana di berbagai negara.

Tujuan hukum serta sistem peradilan pidana mestinya mewujudkan keadilan di masyarakat. Keduanya akan optimal jika pemerintah dapat melaksanakannya dengan baik dan masyarakat mematuhi dan menghormatinya dengan menjalankan ketentuan yang ada.

Maraknya keluhan masyarakatterhadap pelaksanaan hukum oleh aparatnya menjadi salah satu indikator bahwa hukum dan sistem peradilan pidana belum mampu mencapai tujuannya.

Download (PDF, 2.32MB)