Adery Ardhan Saputro (Adery) merupakan peneliti MaPPI semenjak tahun 2014. Adery sendiri merupakan lulusan Fakultas Hukum UI pada tahun 2015 dengan mengambil program kekhususan pidana. Tidak heran selama di MaPPI, Adery aktif terlibat di dalam penelitian dan advokasi terkait perubahan kebijakan pidana di Indonesia. Bahkan Adery pernah terlibat menjadi tim Penasehat Hukum dalam Judicial Review (JR) terhadap Pasal-Pasal terkait Pra Penuntutan di Mahkamah Konstitusi. JR tersebut dilakukan oleh MaPPI-FHUI bersama LBH Jakarta dalam uoaya perbaikan sistem peradilan pidana Indonesia.

Selain itu, Adery terlibat di dalam aliansi masyarakat sipil dalam advokasi RUU KUHP dan KUHAP. Peran yang diambil juga strategis, banyak karya tulis Adery diterbitkan untuk menjadi bahan referensi dalam advokasi tersebut. Adery juga terlibat langsung dalam pertemuan-pertemuan strategis dengan pihak Pemerintah ataupun diskusi publik.

Pendidikan

  • Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2015)

Penelitian

  • Pemantauan Kinerja Jaksa di Persidangan (2014)
  • Penelitian Konsistensi Putusan Perkara Kekerasan Sekusal terhadap Perempuan dan Penyandang Disabilitas (2015)
  • Penelitian Berkas Perkara Pra Penuntutan di Kepolisian dan Kejaksaan (2015-2016)

Publikasi

  • Saputro, A.A, Kekacauan atau Keteraturan? Membahas Aturan Peralihan dalam RKUHP 2015, (Jakarta: ICJR, 2015)
  • Saputro, A.A, Parlimentary Brief Series #10, Tindak Pidana Perkosaan dalam rancangan KUHP, (Jakarta: Aliansi Reformasi KUHAP, 2016)