image2Pada Kamis, 10 Desember 2015, MaPPI berkesempatan menghadiri undangan Pembukaan Festival Antikorupsi 2015 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Acara yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha, Bandung ini dihadiri oleh jajaran pimpinan KPK, kementerian, lembaga negara non-kementerian, BUMN, BUMD, pihak swasta, perwakilan civil society organization/non-government organization, baik internasional maupun lokal, serta media massa.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Pimpinan KPK Sementara, Taufiequrahman Ruki, dan sambutan dari Presiden RI yang dibacakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Pandjaitan. Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan bersama Deklarasi Gerakan Antikorupsi yang dipandu oleh Band Slank. Selanjutnya dilakukan pembubuhan cap tangan di Kain Perca Integritas dibarengi dengan video conference pembentangan Kain Perca Intergritas di Alun-alun Kota Bandung.

Sesi tersebut menandakan Acara Puncak Festival Antikorupsi 2015 yang berlangsung selama 2 hari, yaitu 10-11 Desember 2015, telah resmi dibuka. Parallel event Festival Antikorupsi 2015 sendiri telah berlangsung sejak 17 November lalu. Berbagai event yang diselenggarakan dalam Festival Antikorupsi tahun ini di antaranya yaitu seminar, workshop, forum dialog, pemutaran film, games interaktif, integrity expo, serta panggung kesenian.